Sebelum membeli mobil tentu saja banyak pertimbangan yang harus diperhatikan secara detail. Manakah yang lebih untung dan sesuai dengan kebutuhan kamu? Baca ulasan lengkap seputar DP Minim melalui penjabaran berikut ini.

Kredit mobil adalah layanan yang ditawarkan oleh pihak bank atau lembaga pembiayaan yang telah kerjasama dengan pihak dealer agar memudahkan customer yang akan membeli mobil secara kredit. Dengan kredit DP minim, kamu bisa membawa pulang mobil dengan mengeluarkan uang sedikit saja. Yaitu mulai dari 20% saja dari harga mobil. Mudah bukan?

  1. Tidak menguras tabungan sehingga tetap ada uang darurat ataupun perputaran modal usaha
  2. Sudah termasuk asuransi setiap bulannya sehingga kamu tidak perlu khawatir karena mobil sudah terproteksi sampai tenor kredit selesai
  3. Suku bunga kompetitif
  4. Tenor atau jangka waktu kredit sampai dengan 7 tahun

Membeli mobil dengan DP minim menjadikan cicilan perbulan makin besar serta membutuhkan proses kredit yang lebih detail yaitu melihat kapasitas customer dan melakukan BI checking (historis yang mencatat lancar atau macetnya pembayaran kredit). Hal ini dikarenakan DP yang minim akan menjadikan cicilan akan lebih besar sehingga dari pihak pembiayaan harus mengetahui kemampuan atau pendapatan customer setiap bulannya.

  1. Menyesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan. Pikirkan terlebih dahulu kendaraan apa yang kamu butuhkan, termasuk spesifikasinya. Selanjutnya sesuaikan dengan kemampuan finansialmu, baik harga, cicilan dan tenornya. Jangan memaksakan diri saat membeli kendaraan yang melebihi kemampuan.
  2. Pilih tenor lebih lama untuk mengimbangi gaji bulanan. Cicilan akan lebih murah jika tenor yang diambil lebih lama sehingga kamu bisa menyesuaikan gaji bulanan.
  3. Pertimbangkan usia mobil. Asumsinya jika mobil digunakan untuk sehari-hari maka usia rata-rata mobil Cuma sampai lima tahun. Jika lebih dari itu akan memengaruhi performa mesin mobil dan berisiko turun mesin sehingga membutuhkan biaya perawatan yang tinggi.
  4. Pilih perusahaan pembiayaan yang terpercaya. Pihak dealer telah bekerjasama dengan pihak pembiayaan yang terpercaya serta memiliki reputasi baik. Fasilitas pembiayaan kredit ditawarkan oleh pihak bank dan leasing.